Pemerintahan

WAKIL BUPATI SUMBA BARAT BUKA FOCUS GROUP DISCUSSION PENELITIAN KPJU UNGGULAN UMKM

Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam perekonomian nasional memiliki peran yang penting dan strategis. Salah satu kebijakan pemberdayaan UMKM dari sisi penawaran adalah penelitian, yang dimaksudkan menyediakan informasi yang dapat digunakan untuk mendorong pengembangan UMKM.
 
Terkait hal tersebut diadakan Forum Group Discussion (FGD) atau diskusi group terfokus penelitian Komoditas/Produk/Jenis Usaha (KPJU) unggulan UMKM yang dibuka Wakil Bupati Sumba Barat, Marthen Ngailu Toni,SP di ruang rapat Bappeda Sumba Barat, Senin (27/8/2018).
 
Kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari penelitian komoditas/produk/jenis usaha unggulan (KPJU) Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Provinsi Nusa Tenggara Timur yang dilaksanakan Bank Indonesia NTT.
 
Wakil Bupati Sumba Barat mengatakan bahwa Komoditas/Produk/Jenis Usaha (KPJU) unggulan, mendukung perekonomian daerah serta mampu menciptakan dan menyerap tenaga kerja berdasarkan kondisi saat ini.
 
UMKM merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam pengembangan ekonomi daerah ataupun nasional. Sumbangannya dalam menyerapa pekerja relatif banyak, tetapi di sisi lain UMKM umumnya meruapakan usaha rumah tangga yang sebagian besar masih bercampur dengan tempat tinggalnya.
 
“pembinaan harus terus dilakukan agar masalah yang dihadapi, seperti permodalan, pemasaran, dan pengelolaan usaha segera dapat diatasi” kata Wabup.
 
Lebih lanjut Ia mengatakan Penelitian Komoditas/Produk/Jenis Usaha (KPJU) bertujuan untuk mengenal dan memahami profil daerah, profil UMKM baik faktor pendorong dan penghambat dalam pengembangan UMKM, kebijakan pemerintah terkait pengembangan UMKM, serta peranan perbankan dalam pengembangan UMKM.
 
Sumber data yang dikumpulkan adalah data primer dan data sekunder, yang bersumber dari pihak pertama atau yang diperoleh secara langsung dari narasumber/responden. Data berbentuk dokumen/publikasi/laporan lainnya yang menunjang sumber data primer yang bersumber dari pihak kedua atau instansi pemerintah yang terkait dengan penelitian.
 
“untuk itu diharapkan kepada pimpinan perangkat daerah agar membantu dalam mensukseskan kegiatan ini, dengan menyiapkan data-data yang dibutuhkan dan memfasilitasi pelaksanaan kegiatan ini”, pesan Wabup Toni.
 
Untuk itu, lanjutnya, ia berharap agar melalui diskusi yang berkembang dalam pertemuan tersebut dapat menghasilkan rekomendasi terkait langkah-langkah operasional yang perlu dilakukan untuk mendukung program tersebut.
“pada gilirannya kita dapat mengetahui mana yang menjadi produk unggulan di Kabupaten Sumba Barat untuk dikembangkan dalam rangka mendukung pembangunan ekonomi di daerah yang kita cintai” ungkap Wabup Marthen Ngailu Toni mengakhiri sambutannya.
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close