Pemerintahan

BUPATI SUMBA BARAT : PERINGATAN HUT RI KE-73 HARUS MEMBUAT KITA BERSATU MENYELESAIKAN MASALAH-MASALAH BESAR BANGSA DAN NEGARA

Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia tidak hanya dijadikan peristiwa yang kita rayakan setiap tahun, namun harus membuat kita bersatu menyelesaikan masalah-masalah besar Bangsa dan Negara.

Hal tersebut diungkapan Bupati Sumba Barat, Drs. Agustinus Niga Dapawole dalam sambutannya sebagai Inspektur Upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 tahun 2018, Jumat (17/08/2018) yang dipusatkan di lapangan Manda Elu Waikabubak.

Kemerdekaan tidak hanya meneguhkan kemandiria, tetapi juga sebuah ajkan bersama dengan seluruh komponen bangsa untuk menggelorakan semangat dan bekerja keras serta cerdas mengisi kemerdekaan, melalui peningkatan kesejahteraan, dengan tetap menjaga stabilitas politik dan kemasyarakatan guna mewujudkan cita-cita bangsa, yakni berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

“maka saatnya energy positif rohaniah dan keceerdasan akal budi bangsa Indonesia ditangan para elit dan warga bangsa di seluruh persada tanah air digelorakan untuk menggoreskan tinta emas 73 tahun Indonesia Merdeka.” Kata Bupati.

Ia juga menyampaikan, pada hari ini kita kembali memperingati HUT RI ke-73, memaknai hari kemerdekaan bukan saja upacara seremonial saja, bukan semata-mata persoalan menghitung usia fisik negara saja, namun hakekatnya adalah bagaimana sekarang dan seterusnya dan melanjutkan perjuangan para pahlawan bangsa.

Kemerdekaan bukan hanya sebuah peristiwa istimewa yang kita rayakan setiap tahun namun semuanya untuk membuat kita saling bersatu, menyelesaikan masalah bangsa dan negara. Kemerdekaan tidak hanya meneguk kemandirian tetapi sebuah ajakan sesama,menggelorakan semangat dan bekerja keras, cerdas dan mengisi kemerdekaan.

Menurut Dapawole, sebagai generasi penerus semoga senantiasa diberikan kekuatan, kemampuan keyakinan untuk tetap berjuang mengisi kemerdekaan bangsa dan dituntut bekerja keras, ikhlas membangun kualitas sebagai bangsa yang unggul bersaing tinggi, diperlukan nilai persatuan dan kesatuan kebersamaan agar keragaman sumber kekuatan mendukung satu sama lain.

Sejalan dengan urgensi untuk mempercepat terwujudnya tujuan bersama menuju masyarakat yang adil dan makmur, maka tema “Kerja Kita Prestasi Bangsa” dalam peringatan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 tahun ini sangat relevan dan memiliki makna yang bernilai sebagai ajakan kepada seluruh komponen bangsa untuk tidak berpangku tangan, melainkan terus bekerja keras, bekerja cerdas dan bekerja ikhlas, bersama-sama membangun masyarakat dan bangsa yang unggul.

“hanya dengan kerja nyata, bangsa Indonesia akan bias membangun jiwa dan raganya untuk kejayaan Indonesia raya. Hanya dengan bekerja, Republik Indonesia akan dapat berdiri kokoh untuk selama-lamanya dan mampu mewujudkan semua cita-cita mulia yang termaktub dalam Pembukaan UUD 1945. Kerja yang dimaksud bukanlah semata-mata kerja biasa. Kerja haruslah dilakukan dengan keinsyafan akan kekuatan dari Persatuan Indonesia. Kerja yang dilakukan dengan gotong-royong dari seluruh anak Bangsa tanpa kecuali.” Ungkap Bupati Dapawole.

Dalam gelaran Upacara Peringatan HUT RI ke73 di Kabupaten Sumba Barat yang Bertindak sebagai komandan upacara adalah Ipda Muhammad Rizky,Inspektur Upacara Drs. Agustinus Niga Dapawole dan Ketua DPRD Kabupaten Sumba Barat, Gregorius H.B.L Pandango, SE sebagai pembaca teks Proklamasi.

Sedangkan Pembawa Baki Bendera Merah Putih adalah Gisca Jenica Weru yang berasal dari SMA Kristen Waikabubak.

Rangkaian upacara berjalan hikmad, sangat lancar, mulai dari awal hingga akhir dan dihadiri sejumlah peserta dari berbagai unsur aparatur negara hingga masyatakat umum. Turut hadir anggota Forkompinda, Pimpinan dan Anggota DPRD, Sekretaris Daerah, Kepala Perangkat Daerah, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat di wilayah Kabupaten Sumba Barat.
Para pasukan pengibar bendera yang sebelumnya berlatih secara rutin melaksanakan tugasnya dengan sangat baik.

Begitupun rangkaian Upacara Penurunan bendera di laksanakan dengan lancar dan malamnya dilanjutkan dengan kegiatan resepsi atau Toast Kenegaraan yang dilaksanakan di Rumah Jabatan Bupati Sumba Barat yang juga terlihat meriah dengan dipadukannya pembagian hadiah-hadiah perlombaan yang dilaksanakan sebelumnya dalam rangka HUT RI ke-73.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close