Sport

Enrique Resmi Jadi Pelatih Baru Timnas Spanyol

Story Highlights

  • Knowledge is power
  • The Future Of Possible
  • Hibs and Ross County fans on final
  • Tip of the day: That man again
  • Hibs and Ross County fans on final
  • Spieth in danger of missing cut

Federasi Sepakbola Spanyol [RFEF] resmi menunjuk pelatih baru untuk timnas Spanyol. Adalah Luis Enrique yang akan menggantikan tugas yang sebelumnya diemban oleh Fernando Hierro pada Piala Dunia 2018.

Penunjukan Enrique sejatinya bukan hal yang mengejutkan lagi. Namanya dalam beberapa pekan ini memang disebut bakal jadi pelatih baru Spanyol, terutama setelah Hierro memutuskan tidak ingin melanjutkan tugasnya.

Enrique sendiri tidak sedang terikat kontrak dengan klub manapun sejak memilih menyudahi kontraknya di Barcelona pada musim 2016/17 lalu. Sepanjang musim 2017/18, Enrique tak melatih klub mana pun dan kini resmi jadi pelatih timnas Spanyol.

Prestasi Luis Enrique
Prestasi Luis Enrique

Keputusan RFEF menjadikan Enrique sebagai pelatih tentu saja bukan sekedar karena dia tidak sedang terikat kontrak dengan klub mana pun. Tapi, juga berdasarkan pada pilihan yang rasional melihat jejak prestasi yang diraih Enrique.

Sepanjang karirnya sebagai pelatih, sosok 42 tahun pernah meraih dua gelar juara La Liga pada musim 2014/15 dan 2015/16. Capaian terbaiknya tentu saja kala menjadi juara Liga Champions pada musim 2014/15.

Semua prestasi di atas diraih saat menjadi pelatih Barcelona. Enrique juga pernah menjadi pelatih terbaik FIFA pada tahun 2015 silam.

Enrique dan Timnas Spanyol

Enrique dan Timnas Spanyol

Enrique memang belum pernah menjadi pelatih atau pun staf pelatih Spanyol sebelumnya. Tapi, pelatih berusia 48 tahun bukan sosok yang asing lagi bagi La Roja. Selama aktif bermain, Enrique adalah andalan bagi timnas Spanyol.

Enrique tercatat memiliki 62 caps bersama timnas Spanyol. Sosok yang juga pernah membela Barcelona sebagai pemain tersebut, mencatatkan 12 gol selama berkiprah di timnas Spanyol.

Eks pelatih AS Roma tercatat pernah tampil pada beberapa edisi Piala Dunia bersama Spanyol sebagai pemain. Enrique masuk dalam skuat Spanyol di Piala Dunia 1994, 1998 dan 2002. Enrique ikut dalam skuat Spanyol yang meraih medali emas di Olimpiade 1992.

Pilihan Terbaik

Pilihan Terbaik

Selain Enrique, RFEF memiliki dua nama lain yang masuk dalam kandidat pelatih baru. Dua nama pemain tersebut yakni Quique Sanchez Florez dan Michel. Tapi, RFEF menilai bahwa Enrique adalah pilihan terbaik.

Presiden RFEF, Luis Rubiales, menilai eks pelatih Barcelona telah memenuhi segala persyaratan teknis untuk menjadi pelatih baru Sergio Ramos dan kawan-kawan.

“Pemilihan ini sudah memenuhi segala parameter dari pandangan manajemen olahraga. Keputusan sudah bulat. Saya menyukai komitmennya. Dia menepikan tawaran lebih mahal demi Spanyol. Enrique datang bersama staf kepelatihannya,” ucap Rubiales.

Tags
Show More

Related Articles

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close