PEMKAB SUMBA BARAT DAN BALITBANG KESEHATAN RI JALIN KERJASAMA

 

Pemerintah Kabupaten Sumba Barat  dengan Badan Penelitian dan Pengembangan (LITBANG) Kesehatana, Kementerian Kesehatan RI menjalin kerjasama dalam bidang penelitian pendampingan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) di Aula Rumah Jabatan Bupati Sumba Barat, Senin ( 23/07)2018).

Kerjasama Tersebut  ditandai dengan Penandatangan Nota Kesepahaman Bersama (Mou) itu secara langsung dilakukan Bupati Sumba Barat Drs. Agustinus Niga Dapawole dengan Kepala Badan Litbang Kesehatan, Kementerian Kesehatan Ri Dr. Siswanto, Mhp, Dtm beserta Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumba Barat Drg. Bonar B. Sinaga, M.Kes.

Dalam sambutannya Bupati Sumba Barat, Drs. Agustinus Niga Dapawole mengatakan Program Indonesia Sehat (PIS) merupakan salah satu program dari agenda ke-5 NAWACITA;  yaitu meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia. PIS selanjutnya menjadi program utama pembangunan kesehatan yang kemudian direncanakan pencapainnya melalui Rencana Strategis Kementrian Kesehatan Tahun 2015-2019, yang ditetapkan melaluia Keputusan Menteri Kesehatan RI.

“Sasaran dari PIS adalah meningkatkan derajat kesehatan dan status gizi masyarakat melalui upaya kesehatan dan pemberdayaan masyarakat” ujar Bupati Sumba Barat.

Lanjutnya, PIS dilaksanakan dengan menegakkan 3 pilar utama yaitu penerapan paradigm sehat, penguatan pelayanan kesehatan dan pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Hal senada disampaikan Kepala Litbang Kesehatan Kementerian Kesehatan RI dr Siswanto yang mengatakan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga dan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (germas) dapat terlaksana dengan baik dan tersosialisasikan tujuan dan manfaatnya kepada masyarakat.

“Tentunya kami berharap kerja sama ini segera ditindaklanjuti sehingga kerja sama ini nantinya dapat berjalan sesuai dengan harapan dan hasilnya menjadikan Kabupaten Sumba Barat sebagai tempat rujukan bagaimana melaksanakan PIS-PK dan Germas yang efektif dan efisien,” pungkasnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *