BUKA BIMTEK PENGELOLAAN KEUANGAN DESA, BUPATI BERPESAN KELOLA DANA DESA DENGAN BAIK

Bupati Sumba Barat Drs. Agustinus Niga Dapawole membuka bimbingan teknis pengelolaan keuangan desa. Kegiatan yang dilangsungkan di Aula Hotel Ande Ate – Waikabubak, Selasa (24/07/2018).

Bupati Sumba Barat mengatakan bahwa dengan terbitnya Undang-undang Desa juga merupakan tantangan bagi pemerintahan desa beserta segenap stakeholder untuk mengolah sumber dana dan peluang yang besar itu, karena tidak secara otomatis dengan dana yang besar akan langsung terwujud kesejahteraan apabila tidak mampu dikelola dengan baik.

“untuk mewujudkan semua itu dibutuhkan sumber daya manusia terutama perangkat desa yang professional dari segi pendidikan, pengetahuan, dan ketrampilan sesuai tugas yang diembannya” ungkap Bupati.

 

Menurutnya, agar terwujud pembangunan desa yang efektif dan efisien tentunya dibutuhkan perencanaan yang matang dengan memperhitungkan segenap potensi yang dimiliki, tim kerja yang professional, pola pelaksanaan pembangunan yang tepat, pengawasan yang mampu menghindari kebocoran dan penyimpangan, serta adanya system pelaporan dan evaluasi yang transparan dan akuntabel.

“saya mengharapkan dengan pelaksanaan Bimtek tersebut nantinya para perangkat desa dapat mengelola dan mempertanggungjawabkan dana keuangan desa yang diterimanya secara efektif dan efisien dengan mengedepankan transparansi serta partisipasi masyarakat, baik dana yang bersumber dari Dana Desa maupun ADD serta dana bagi hasil pajak dan restribusi daerah” harap Bupati Niga.

Bupati Sumba Barat juga berpesan pemerintah desa perlu memperhatikan tiga aspek penting dalam pelaksanaan penggunaan anggaran di Desa yaitu perencanaan yang baik dan benar, pelaksanaan kegiatan sesuai dengan perencanaan yang telah ditentukan serta dapat mempertanggungjawabkan fisik dan keuangan.

“saya berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan baik sehingga hasil yang diharapkan dapat tercapai untuk mendorong pemerintah desa mewujudkan pengelolaan keuangan yang baik dan benar” ujar Bupati Dapawole mengakhiri sambutannya dan membuka dengan resmi Bimtek Pengelolaan Keuangan Desa.(Dhi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *