TINJAU POTENSI PARIWISATA, BAPPENAS DAN KEMENPAR RI BERKUNJUNG KE SUMBA BARAT

Waikabubak, Humas SB. Bupati Sumba Barat, Drs. Agustinus Niga Dapawole dan Wakil Bupati Sumba Barat, Marthen Ngailu Toni,SP menerima kunjungan dari Kementerian Bappenas dan Kementerian Pariwisata RI.

Kunjungan dalam rangka meninjau secara langsung potensi di Kabupaten Sumba Barat khususnya potensi pariwisata yang mana sesuai PP no. 50/2011 Kabupaten Sumba Barat masuk dalam KSPN, sehingga ke depan diharapkan akan menjadi Prioritas Nasional untuk pengembangan pariwisata.

Selama kunjungan 2 hari tersebut, tim mereka mengunjungi hotel Nihiwatu, dermaga rua, yang akan diusulkan untukk dibangun sebagai pelabuhan kapal pesiar, lapangan pahola, yg rencananya akan jg dibangun sportcenter.

Tim Kementerian juga meninjau infrastruktur jalan khususnya ke pesisir selatan agar mendukung pengembangan pariwisata. Tim Kementerian selanjutnya mengunjungi kampung tarung dan kampung praiijing.

Tidak dipungkiri keterbatasan infrastruktur akan mempengaruhi perkembangan sektor pariwisata. Sebab, waktu wisatawan banyak habis dalam perjalanan ketimbang berada di lokasi tujuan, dan ini berpengaruh kepada banyaknya kunjungan ke sebuah lokasi.

Beragam potensi wisata yang ada di Sumba Barat akan terus dikembangkan dan dikuatkan. Untuk mewujudkan ini tidaklah mudah perlu dukungan pembangunan infrastruktur, baik dari pemerintah pusat maupun daerah menjadi sangat penting.

Diharapkan dengan kunjungan tersebut Sumba Barat lebih mendapat perhatian ke depan khususnya infrastruktur untuk pengembangan pariwisata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *